Tayangan halaman minggu lalu

Jumat, 14 November 2008

setetes darah...52 kantung


"Setetes darah adalah ungkapan KASIH Anda"
Begitu promosi yang dibuat Wheny untuk acara donor darah yang berlangsung di lantai empat kantor Sinar Harapan, Cikini, Jumat (14/11), kerjasama Kasih dengan Nissan Livina Club. Mintanya sih setetes...tapi jadinya 52 kantung. Target awalnya cuma 40 kantung. Tapi sepertinya acara donor darah ini banyak peminatnya, anggota NSL, karyawan SH, karyawan Shang Bao, karyawan Dinar, sampai dengan masayarkat di sekitar kantor SH berdatangan.
Tiba pukul 14.00, PMI yang berkantor di kramat itu langsung menyulap lantai empat SH jadi ruang donor dadakan. Cuma ada empat tempat tidur, dua aftaper (yang ambil darah), satu dokter, satu pemeriksa darah, satu pencatat yang juga menyiapkan vitamin, dan dua tukang masak mie instan. Tiga panci bubur kacang hijau dari Tante Merry Sirkulasi dia atas meja, lima dus vitazone, dua dus air mineral gelas, dan satu tong susu.
Mau tau prosesinya? Calon pendonor mengisi formulis berwarna pink yang pertanyaannya sempat jadi bahan ledekan teman-teman (apakah anda berganti2 pasangan, pakai kondom, dsb...). Lalu datang ke petugas pemeriksa darah yang akan nentuin golongan darah dan jenis rh-nya, dari situ ke dokter yang meriksa tekanan darah, nanya minum obat nggak akhir-akhir ini, untungnya nggak nanya obatnya beli di mana. Dari situ, tunggu giliran dipanggil karena tempat tidurnya cuma empat. Barulah prosesi pengambilan darahnya yang bisa makan waktu sekitar 10 menit. Diambilnya beragam, ada yang 250cc, ada pula yang 300cc.
Sehabis itu, pendonor boleh makan, pilihannya mie instan dengan telur, bubur kacang hijau, vitazone, dan segelas susu. Semua taat mengikuti prosedur, jadi nggak ada kejadian luar biasa, semua berjalan lancar. Tunggu donor darah berikutnya...

Tidak ada komentar:

 

WARNING !!

D' SweEt BloGgErsSs

D' SweEt BloGgErsSs
Roma&Mila